Rabu, 04 Januari 2017

MAKNA “SUAMI” DALAM BUDAYA BATAK TOBA

Jika sebelumnya terdapat makna istri dalam budaya Batak Toba (klik di sini makna istri) maka berikut ini  "Makna Suami" dalam budaya Batak yaitu:
  1. Sirongkap ni Tondi: suami, belahan jiwa/sukma, yang tercinta, yang sehati sepikiran. Ak rongkap:  jodoh, sehati, serasi dan tondi: daya hidup, sukma, jiwa.
  2. Tunggane Doli, laki-laki /pasangan yang sepadan/ serasi. Ak. gana: rupa, bentuk dan boru : perempuan, perempuan/anak perempuan;
  3. Siraja Nialuna: suami, tempat curahan hati, menyampaikan keluhan, bertukar pikiran, pengayom, tempat perlindungan. Ak. Alu: mengadu, menyampaikan sesuatu, menyampaikan keluh kesah.
  4. Parhalang Ulu, Halang Ulu: suami, pelindung keluarga, memberi rasa aman dan nyaman di keluarga. Ak.halang: ganjal; dan ulu: kepala. Halang ulu: bantal kepala, tempat terbaik di rumah Batak di sebelah dinding.
  5. Dongan Saripe: suami; pendamping/pasangan hidup berkeluarga. Asal kata ripe:  keluarga, family. Dongan:  teman, dan saripe: sekeluarga.
  6.  Amang Raja: suami; kepala keluarga, pemimpin rumah tangga, yang harus dihormati.
  7. Tuan Doli: suami, laki-laki yang dihormati/dituakan dalam keluarga inti. Ak. tuan yang dihormati, dituakan; doli: laki-laki.
  8.  Anak ni Raja: suami, putra raja, laki-laki terhormat. Asal kata anak ni Raja:  putra seorang Raja. Seorang suami idealnya mempunyai sifat dan perilaku yang santun, anggun, serta senantiasa dapat menjaga dan membela kehormatan keluarga dan orangtuanya.
  9. Siadopan, Amang Siadopan: suami, laki-laki yang selalu dihadapi, yang selalu berhadap-hadapan.  Ak. adop: berhadapan; amang: bapak.  Seorang suami adalah teman bertukar pikiran, tempat curahan hati dan kasih sayang, laki-laki yang selalu diperhatikan, dan laki-laki yang selalu siap berbuat terbaik kepada istri, bagai seorang bapak kepada anak.
  10. Sinonduk, sinonduk mangan: suami, Ak.sonduk: sendok; mangan: makan. Pencari nafkah keluarga.
  11. Hamulian: suami, yang menikahi, yang menerima perempuan, memberikan nafkah lahir batin. Ak. muli: menikah. 



1 komentar:

William Sarfat mengatakan...

Terimkasih atas penjelasannya...
Aku mau request jg utk membuat postingan ttg makna menikah dg pariban kandung bagi suku Batak Toba. Soalnya aku prnah dijodohkan dg paribanku, apakah itu punya makna filosofis bagi keluargaku dan keluarga Tulangku?