Jumat, 17 April 2015

PUANG = BRO!

Tutur atau sapaan akrab pada pergaulan sehari-hari di kalangan sesama pria Batak:
  1. Lae : panggilan akrab pria kepada pria sebaya yang berbeda marga. Catatan: Lae juga sebagai panggilan seorang pria kepada: a) Ipar (abang ipar atau adik ipar), yaitu saudara laki-laki dari istrinya; b)  Anak laki-laki dari tulang (paman); c) Suami dari saudara perempuannya.
  2. Ampara /Appara/: panggilan akrab pria kepada pria sebaya yang semarga.  Biasanya panggilan ini digunakan pada awal perkenalan, karena belum diketahui sundut (tingkat) dalam tarombo (silsilah), meskipun belakang panggilan ioni menjadi panggilan akrab.
Selain di atas, ada satu panggilan lagi antara sesama pria Batak sebaya, yang hampir terlupakan karena sudah jarang dipergunakan, yaitu: “PUANG!” Artinya teman, sobat/sohib (dongan, aleale).

Sebutan “puang” juga digunakan sebagai seruan (kata seru) seperti dalam kalimat: “Oto nai, Puang” artinya “Alangkah bodohnya!”

Penggunaan “Puang” dalam pergaulan sehari-hari sesama pemuda seperti “Ila nai, Puang…!” Jika terjemahannya: “Malu-maluin banget, Bro…!”  (Bro, singkatan dari "Brother" dalam bahasa Inggris). 

Jadi sapaan “Puang” sebagai bahasa gaul “pemuda” suku Batak ribuan tahun lalu, sama dengan “Bro” sekarang.

Tidak ada komentar: