Kamis, 03 Januari 2013

SIGALE-GALE

Sigale-gale
Tomok- Samosir ,2010)
Sigale-gale adalah patung kayu (boneka) menyerupai manusia (laki-laki), seukuran orang dewasa, diberi pakaian adat dan ulos Batak, dimana tangan, badan dan kepalanya dapat digerak-gerakkan menirukan orang yang menari tortor (tarian Batak), dan dimainkan dengan iringan musik gondang.

Sigale-gale bermula dari kisah duka lara seorang Raja atas putra tunggalnya bernama “Si Manggale” yang meninggal karena sakit. Untuk mengenang putra yang dicintainya, ia membuat ukiran patung dari kayu yang wajah dan tubuhnya menyerupai anaknya.  Patung tersebut diberi pakaian, ulos dan ikat kepala, berdiri tegak di atas kotak kayu, dapat digerakkan-gerakkan dengan tarikan tali-temali melalui kotak kayu yang terhubung ke badan, kepala tangan dan pinggang patung.  Setiap kali Raja rindu dan terkenang akan putranya, ia memerintahkan orang untuk memainkan Sigale-gale dengan iringan gondang, sebagai pelipur lara  seolah anaknya hidup kembali.

Meskipun patung Sigale-gale aslinya sudah tidak ada, namun warisan karya seni dan pertunjukan Sigale-gale ini masih dapat disaksikan di Tomok, Pulau Samosir. 

Sigale-gale berasal dari kata “gale” artinya lemah, lesu, lunglai. Sigale-gale=silemah lunglai. 

Tidak ada komentar: