Jumat, 23 Maret 2012

SIBORU DEANG PARUJAR MENYEMAIKAN BENIH DARI BANUA GINJANG DI BANUA TONGA

MITOLOGI: LAHIRNYA MANUSIA PERTAMA "BATAK" (VII) 


Setelah Naga Padoha berhasil ditaklukkan, dan daratan di Banua Tonga ditata kembali oleh Siboru Deang Parujar. Atas perkenaan dan restu Ompu Mulajadi Na Bolon diberikan segala macam tumbuhan dan hewan untuk kehidupan di bumi ini dalam kotak dan disegel disampaikan ke Siboru Deang PArujar melalui Leang-leang Mandi. 

Siboru Deang Parujar membukanya, dari dalamnya ditaburkannya segala macam benih tanaman, pohon dan semak-semak, berbagai jenis hewan, reptile dan serangga, segala jenis burung, unggas dan ikan dilaut dan penuhlah bumi dengan segala makluk hidup berbagai jenis tanaman dan hewan.  Banua Tonga dihuni dengan berbagai macam hewan dan ditumbuhi  beraneka jenis tanaman. 

Siboru Deang Parujar lalu memberikan nama hewan dan tanaman berdasarkan wahyu yang diterima dari Ompu Mulajadi Na Bolon.  Siboru Deang Parujar bahagia melihat semuanya.  Tanaman tumbuh subur menghijau dan aneka warna bunga serta dedaunan.  Hewan berkembang biak, suara-sura burung terdengar merdu berpadu dengan keindahan alam bumi dan air yang mengalir.  Dia semakin jatuh hati dan bertekad untuk tetap tinggal di Banua Tonga.
Bersambung.....

Tidak ada komentar: