Kamis, 10 November 2011

BAKARA DI BENUA AFRIKA

Sangat menarik, di wilayah negara-negara di Benua Afrika terdapat nama “Bakara” sebagai nama tempat dan penduduk, sebagai berikut:
  1. Bakara terletak di kota Mogadishu adalah pasar terbesar di Negara Somalia, Afrika. Pada Oktober 1993, Bakara Market tempat salah satu helicopter Black Hawk Amerika ditembak jatuh oleh milisi Somalia.  Bakara Market menjadi terkenal dan disebutkan dalam film “based on true story” yang berjudul “Black Hawk Down.” Dalam bahasa Somali, Bakara artinya tempat penyimpanan atau lumbung  biji-bijian (grain silo or storage)
  2. Di wilayah Nassawara, Nigeria, Afrika,  juga terdapat kota bernama Bakara.
  3. Di Negara Tanzania, Afrika di tengah Danau Victoria terdapat beberapa pulau, diantaranya pulau Ukara (Land of Divine Light/Negeri Cahaya Ilahi). Penduduk Ukara dan pulau sekitarnya disebut Bakara. “Bakara” dalam bahasa Ukara artinya People of the Sun (Orang-orang Matahari) atau Children of Light (Anak-anak Terang).

Apakah ada keterkaitan antara Africa dengan Indonesia atau khususnya dengan Batak atau bahkan Negeri Bakara di Toba? 

Mari kita telusuri dari sumber:  “World Book @ 2004 World Book, Inc., 233 N Michigan, Chicago, IL 60601, tentang “Africa” menyebutkan:

Africa has been called the "birthplace of the human race." The oldest evidence of humanlike creatures and people found anywhere in the world is bones and other fossils discovered at many sites in eastern and southern Africa. From this evidence, most scientists have concluded that the earliest human beings lived about 2 million years ago in eastern Africa. (Afrika disebut sebagai “tempat kelahiran dari ras umat manusia.” Bukti tertua dari makhluk yang mirip manusia dan orang yang ditemukan di penjuru dunia, tulang belulang dan fosilnya ditemukan di banyak situs di bagian Timur dan Selatan Afrika.  Dari bukti-bukti ini, para ilmuwan menyimpulkan bahwa cikal bakal kehidupan manusia telah ada sejak dua juta tahun lalu di Afrika bagian Timur.

Selanjutnya menurut World Book terdapat hubungan erat antara penduduk dari Indonesia dengan Afrika jauh sebelum Masehi sampai dengan 1400-an M.

Pada kesempatan berikutnya akan diuraikan di Blog ini:
1. Beberapa persamaan ciri-ciri kebudayaan kuno suku-suku Africa dan suku Batak 
2. Asumsi adanya kemungkinan keterkaitan antara Africa dan Negeri Bakara di Toba, dari penelusuran mitologi. 
    .
(Bersambung).


Tidak ada komentar: