Kamis, 07 April 2011

TAO TOBA

Tao Toba di Bakara (Foto, 2011)



Tao Toba (tao=danau) atau Danau Toba berada di Sumatera Utara , merupakan danau terbesar dan terdalam di dunia. Luasnya sekitar 1,707 m2 dengan kedalaman rata-rata 450 m dan di beberapa tempat mencapai 900m. 

Tao Toba terbentuk akibat letusan gunung berapi (Toba Volcanic) ratusan ribu tahun yang lalu (+ 75.000). Danau tersebut merupakan kaldera yang digenangi oleh air. Sumber airnya, selain hujan berasal dari sungai Asahan (yang terbesar) dan ratusan sungai lainnya yang mengalir ke danau.

Suku Batak sebagian besar mendiami wilayah di tepian Tao Toba hingga ke dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan yang berbatuan. Wilayah ini subur, ditumbuhi berbagai jenis tanaman dan banyak air terjun serta sumber mata air. Suhu udara berkisar antara 17-29 derajat celcius.

Di tengah Tao Toba terdapat beberapa pulau seperti : Samosir, Sibandang, Tolping, Maulau, Simamora, Toba dan Tulas (pulau di tengah Pulau Sumatera). Yang terbesar adalah Pulau Samosir dengan luas 630 km2. Pulau Samosir sebelum dibuat kanal di Tano Ponggol (tanah terpenggal) oleh Belanda tahun 1900-an awal, bukanlah sebuah pulau, tetapi semenanjung yang terhubung dengan daratan pulau Sumatera.

Di tengah pulau Samosir terdapat sebuah danau, yaitu Danau Sidohoni, sebagai danau di atas Danau Toba. 

Tidak ada komentar: