Minggu, 24 April 2011

SARIBU RAJA

Putra Kedua Guru Tatea Bulan, Saribu Raja mempunyai banyak kisah unik, yang kelak menjadi "pesan dan pelajaran dari suatu sejarah*,"  yaitu:
  1. Pernah dicincang dan dimasukkan ke kuali panas oleh Sang Ayah sebagai ujian kesetiaan iman Guru Tatea Bulan kepada Ompu Mulajadi Na Bolon,  tetapi oleh Ompu Mulajadi Na Bolon dititahkan untuk keluar dari periuk dan hidup kembali.
  2. Diusir dari Sianjurmula-mula oleh adik-adiknya Limbong, Sagala dan Malau karena melanggar adat, yakni kawin dengan saudarinya Siboru Pareme (dari perkawinan ini lahir Siraja Lontung).
  3. Menyimpan harta karun ke dalam peti batu yaitu Batu Hobon.
  4. Kawin dengan Nai Manggiring Laut putri dari Siraja Homang (?).  Pertemuannya diawali  adu silat dengan calon mertua, Siraja Homang. Berkat kegigihan dan ketangguhannya dalam ilmu pencak silat membuat kekaguman calon mertuanya, pada akhirnya dijodohkan dengan putrinya, Nai Manggiring Laut. Dari perkawinan ini lahir Siraja Borbor.
  5. Kisah Lain, Saribu Raja juga kawin dengan boru ni Raja Sibabiat.  Dari perkawinan ini lahir seorang putra, Siraja Babiat. 
  6. Berjudi dengan Raja Asi-asi (Tunggul Ni Juji) putra dari Tuan Sorimangaraja (Sorimangaraja adik dari Guru Tatea Bulan).  Berjudi, berhari-hari sampai akhirnya Saribu Raja kalah telak.  Seluruh harta kekayaannya  leong (habis dipertaruhkan, melayang).  
  7. Pertemuan dengan Raja Uti (Raja Gumeleng-Geleng) abangnya (putra pertama Guru Tatea Bulan), yang telah bersalin rupa.  Saribu Raja tidak menyadarinya dan mengaku sebagai putra sulung dari empat putra Guru Tatea Bulan.  Akibat meniadakan abangnya Raja Gumeleng-geleng, mendapat celaka (hamagoan).

    ___________________________
    * = Akan dibahas kemudian, secara khusus.
    Klik di sini: Silsilah Saribu Raja  

Tidak ada komentar: