Minggu, 15 Maret 2009

NEGERI BAKARA


Huta Bakara (Foto, 2009)

Negeri Bakara atau Kampung Bakara (Huta Bakara) terletak di Barat Daya Danau Toba, di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.   

Di pagi hari (sogot ni ari), kabut bagaikan tirai putih tipis (hire-hire ombun) menyelimuti Tano Bakara. Ketika  matahari dengan cahayanya mulai meninggi pada saat tengah hari (pangului) menjelang hos ni ari, jika memandang dari sisi Barat Laut (manabia) di lereng gunung akan tampak nuansa kebiruan air Tao Toba.  

Tanaman yang menghijau di Negeri Bakara bagaikan hamparan permadani dikelilingi oleh pegunungan berbatuan yang ditumbuhi ilalang stepa dan pohon-pohon pada hutan (harangan) di lereng gunungsehingga Bakara bagaikan berdindingkan tembok gunung mardindinghon dolok yang terbuka menghadap danau di arah irisanna (Timur Laut).  

Negeri Bakara diperkirakan dibuka tahun 1300-1400an oleh Ompu Si Raja Oloan, ayah dari Naibaho, Sihotang, Bakara, Sinambela, Sihite dan Simanullang.   

Sebelum bermukim di Bakara, Si Raja Oloan tinggal di Samosir dan menikah dengan Siboru Limbong, dan mempunyai 2 (dua) putra yaitu: Naibaho dan Sihotang. Si Raja Oloan meninggalkan Samosir dan menikah dengan Siboru Pasaribu. Dari perkawinan ini lahir 4 (empat) orang putra, yaitu Bakara, Sinambela, Sihite dan Simanullang. Area perkampungan yang baru, dibuka oleh Si Raja Oloan dan dinamakan sesuai dengan nama putra pertamanya dari Siboru Pasaribu, yaitu Bakara.

Negeri Bakara, tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja I (Tahun +1515) sampai dengan Sisingamangaraja XII, dan pusat pemerintahan dinasti kerajaan Batak di bawah kepemimpinan Raja Sisingamangaraja (Sejak tahun +1515 - 1907).  Raja Sisingamangaraja adalah keturunan dari Sinambela, dan Sisingamangaraja I adalah cicit  dari Si Raja Oloan. 

Jauh sebelum dinasti Sisingamangaraja, menurut legenda Negeri Bakara adalah tempat di mana seorang Putri Khayangan, bernama Puti Orla Bulan atau Siboru Deang Parujar pertama kali menjejakkan kaki di bumi.

Tidak ada komentar: